Change Permission Pada File / Folder File Manager

Pendahuluan

Dalam dunia Linux dikenal dengan istilah File Permission. File permission digunakan untuk mendefinisikan hak akses terhadap sebuah file atau folder untuk user lain. Jadi dengan file permission anda dapat menentukan apakah user lain memiliki hak akses terhadap sebuah file, untuk kemudian anda tentukan hak akses seperti apa yang anda berikan.

Ada 3 jenis user yang memiliki kemungkinan untuk memiliki hak akses atau permission terhadap sebuah file atau direktori :

  • User : User adalah si pemilik/pembuat file atau direktori.
  • Group : Group adalah sekelompok user yang anda beri izin untuk mengakses sebuah file atau direktori.
  • World : Istilah lainnya adalah public, yaitu semua orang yang tidak masuk kedalam user ataupun group.

Semua jenis user di atas memiliki 3 kategori dasar hak akses terhadap sebuah file atau direktori.

  • Read : Hak akses baca terhadap sebuah file, user yang diberikan permission read pada sebuah file atau folder tersebut. Tapi user tersebut tidak bisa merubah atau memodifikasi file. Agar anda dapat merubah atau memodifikasi file mereka harus memiliki hak akses write.
  • Write : Hak akses yang memungkinkan user untuk memodifikasisebuah file atau folder, menambah atau mengurangi file dalam sebuah direktori serta melakukan perubahan pada folder dan konten yang ada di dalamnya.
  • Execute : Hak akses untuk file biner. Hanya user yang memiliki hak akses Execute terhadap sebuah program atau script yang dapat menjalankan atau mengeksekusi program atau script tersebut.

Tingkatan file permission sebuah file diidentifikasikan kedalah 3 kode angka, mosalnya sebuah file yang memiliki kode 777 berarti file tersebut bisa di baca (read), di edit (write) dan di eksekusi (execute) oleh siapapun (world/public). Contoh lain adalah kode 755 memiliki arti user (si pemilik/pembuat file) memiliki hak akses untuk baca, edit dan eksekusi, sedangkan Group dan World hanya memiliki hak akses untuk baca dan eksekusi. Itulah sekilas tentang file permission yang terdapat pada web hosting dengan sistem operasi linux.

 

Langkah – Langkah

  1. Klik file atau direktori yang anda maksud lalu klik tombol Change Permission yang terdapat pada toolbar, anda juga bisa melakukannya dengan cara mengklik kanan file lalu pilih menu Change Permission.
  2. Pada jendela pop-up yang muncul silahkan anda tandai (beri tanda centang) pilihan permissionnya menggunakan sistem yang telah kami jelaskan sebelumnya. anda juga bisa langsung memasukan kode permission yang anda inginkan.

Jika misalnya anda memberi tanda centang pada bagian write kolom group itu artinya anda memberikan hak akses tulis/write untuk user yang masuk kedalam group, sehingga mereka bisa melakukan modifikasi terhadap file atau folder. Begitu pula jika misalnya anda menghilangkan tanda centang pada bagian read kolom world, berarti anda sudah mencabut hak akses baca bagi publik, membaca hak akses untuk file example.html atau example,php untuk user world maka website anda tidak akan bisa diakses oleh pengunjung. Karena pengunjung website anda termasuk kedalam golongan world.

 

Penutup

Hati hati juga, jangan memberikan hak akses apapun untuk user World pada file yang bersifat rahasia seperti file password dan lain sebagainya.

  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Artiel Terkait

Fitur Cpanel : Error Log – Melihat Catatan Kesalahan Sistem

Setiap link server atau website anda mengalami kesalahan sistem seperti broken link (link rusak)...

Fitur Cpanel : Visitors – Mengetahui Pengunjung Terakhir

cPanel menyediakan fitur untuk mengetahui siapa 300 pegunjung terkhir situs anda, dengan demikian...

Fitur Cpanel : Bandwidth – Mengetahui Penggunaan Bandwidth

Fitur ini sangat cocok digunakan bagi anda yang menggunakan paket hosting dengan jumlah bandwidth...

Fitur Cpanel : Webalizer – Melihat Data Kompleks Statistik Website

Jika anda mengirimkan data statisktik website secara kompleks dan lengkap maka anda bisa...

Fitur Cpanel : Awstats – Melihat Data Statistik Berbasis Visitor

Dengan Awstats anda bisa melihat data statistik berbasis pengunjung website. Anda bisa melihat...

Powered by WHMCompleteSolution